Kelebihan Bisnis Produk Digital Dibanding Produk Fisik

Raptor – Produk digital merupakan suatu produk berupa file-file digital yang dapat dilipat gandakan, ditransfer, diakses dan dibuka menggunakan media elektronik. Contohnya saja karya tulis yang masih berupa file .docx, .epub, .pdf, dan .xml yang belum dicetak menjadi naskah atau buku. Dalam ranah bisnis produk seperti ini masihlah sangat potensial untuk dijadikan objek/ bahan jual beli online. Bahkan terdapat beberapa orang yang mau memfasilitasi penjualan produk online ini, baik berperan sebagai Marketplace, Affiliate, maupun sebagai pemenuh kebutuhan untuk launching.

Sebelum Anda masuk dan membuat produk digital, Ada baiknya pahami terlebih dahulu apa kelebihan produk digital dibandingkan dengan produk Fisik. yuk check it out !

Hemat Biaya Produksi

Coba jika Anda berfikiran “saya mau buat buku (cetak)” pasti paling tidak Anda akan memiliki salah satu angan-angan ini:

  1. saya mau cetak dimana yah ?
  2. Harganya berapa ?
  3. Berapa Eksemplar ?
  4. Berapa PPN nya

dan masih banyak aturan yang beribet lainnya yang harus dipenuhi sebelum bukunya launching/release.

 

Berbeda dengan produk fisik, produk digital memang tak seluruhnya lepas dari yang namanya budget. Tapi, secara itung-itungan budget yang dikeluarkan lebih kecil ketimbang produk fisik. Pada kasus yang sama, seorang penulis buku yang menjual bukunya sebagai produk digital maka dia akan berfokus pada bagaimana bukunya “memiliki aura yang berbeda dengan buku saingannya“. Fokusnya tidak terpecah tentang berapa biaya yang akan dia keluarkan, saat akan launching produk digital. Tidak ribet juga “bagaimana jika stok barangnya habis“. Istilahnya hanya Copy-> Paste-> jual. Lebih kerennya, sekarang bahasanya adalah “diunduh ribuan kali pun, gak akan pernah habis”. Keamanan dokumennya jangan ditanya lagi, banyak cara untuk  memproteksi dokumen digital.

Keuntungan Harga Tambahan

Harga tambahan atau up selling merupakan suatu penjualan dengan sistem “kalau kita menjual suatu produk dengan menyertakan produk lain yang masih berkaitan dengan produk utama (biasanya sebagai bonus atau dijual secara sepaket), maka harga jual produk kita dapat kita naikkan”. Atau bisa juga “jika ada pembeli membeli produk A, maka dia akan mendapatkan diskon untuk produk B”, ini akan memperlaris penjualan produk Anda.

Mudahnya Membuat Jaringan Bisnis

Dalam menjual produk digital, untuk mencari pembeli tidak sesulit penjualan produk fisik. Cukup dengan melakukan promosi lewat media sosial seperti FB, Twitter, IG, maupun dengan menyebarkan melalui Email. Sekarang penyebaran info lebih murah dan mudah sejak adanya social networking yang bisa diakses secara real time.

Dengan menjual produk digital kita akan mudah dalam membuat jaringan bisnis. Bagaimana tidak? kan yang beli adalah orang orang yang memiliki interest yang sama dengan produk kita. Kita akan lebih mudah memiliki kontak personal dari masing masing orang yang beli tanpa harus mencari satu persatu dari mereka.

Bantuan Marketplace Penjualan

Anda tidak usah khawatir tentang bagaimana cara penjualannya. Jika Anda masih newbie dalam hal pemasaran online, coba gunakan bantuan Marketplace untuk memasarkan produk yang Anda buat. Mungkin Anda akan merasa “wah pendapatan saya berkurang kalo pake layanan seperti itu”.

Tapi coba Anda lihat dampak / hal positif yang dimiliki oleh marketplace untuk Anda. Misalnya seperti blast email promosi produk Anda ke ratusan bahkan ribuan membernya. Anda dibantu penjualan produknya dengan ratusan orang affiliate, dan Keuangan penjualan Anda di kelola dengan baik dan benar. Anda tidak perlu repot repot memikirkan pertanyaan masuk yang sama dari para calon pembeli, biarkan pihak marketplace yang menjawab. Anda juga dapat meminta kontak semua orang yang telah membeli produk Anda, yang mungkin akan Anda gunakan sebagai relasi bisnis Anda.

Tidak terikat waktu

“Anda adalah pribadi Anda sendiri”.

Kaitannya dengan produk digital adalah Anda dapat sesuka hati, kapan dan dimana Anda akan membuat produk digital Anda. Tidak terlalu susah menurut saya untuk membuat suatu produk digital. Semuanya akan mudah jika Anda memiliki kebulatan niat dan tekad untuk memulai.

Jual Berkali-kali

Kalau Anda menjual produk fisik, misalkan Baju, apakah Baju tersebut dapat Anda jual 2x ? Bukankah kita hanya dapat menjualnya sekali dan setelah 1x transaksi keuntungan anda hanya ada dalam satu transaksi itu (Kecuali Anda memakai sistim kredit atau dept collector). Berbeda dengan jika Anda menjual produk digital, Anda hanya buat sekali dan Anda dapat menjualnya tanpa batas jumlah. Pelanggan akan menyalin dari file utama Anda, dalam artian pelanggan dapat mendownload dari link download yang sudah anda tentukan atau dapat menggunakan layanan anda didalam alamat web tertentu.

Mudah dikembangkan

Coba saja lihat baju yang sudah ketinggalan model, apakah baju tersebut mudah untuk diubah bentuk/modelnya ? SULIT.

Bebeda dengan Produk digital seperti Ebook dan Software, Anda dapat mengupgrade dan mengubahnya sepanjang waktu, kapanpun jika ingin diupgrade Anda dapat mengupgradenya.

Mudah dijual

Ingat, Anda dapat menikmati kehidupan Anda dengan tanpa perlu memikirkan banyak hal pada penjualan produk Anda. Titipkan saja pada Marketplace contohnya pada web Ratakan.com. Ratakan merupakan website jasa untuk penjualan produk digital dengan sistem bagi hasil.

Namun kadang marketplace, seperti ratakan.com maupun yang lainnya, juga membutuhkan beberapa kebutuhan media untuk promosi produk Anda. Seringnya ini adalah kendala yang dialami oleh para pebisnis yang sibuk atau dengan para newbie dalam penjualan internet. Untuk itu maka tim Raptor Hadir, yaitu untuk membantu para vendor didalam membuat iklan dan layanan promosi mereka.

Hubungi Kami

Open chat